Jumat, 17 Mei 2019

Promo Gratis Ongkir: Pilih Shopee atau Tokopedia?

Jaman sekarang rasanya belanja online sudah umum ya, tak ada lagi kesulitan user ataupun keraguan pembeli seperti awal-awal Market Place Online mulai booming di Indonesia sekitar 3-4 tahun yang lalu. Nah saat Pasar Online ini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, mereka kini mulai berlomba-lomba berebut market share melalui promo-promo, salah satunya adalah Gratis Ongkir.



Saya pribadi hanya pakai dua Market Place ini, yaitu Shopee dan Tokopedia.
Shopee sering saya pakai karena program konsisten Gratis Ongkir-nya dari sejak awal saya pakai aplikasi ini.
Sedangkan Tokopedia saya rutin pakai untuk bayar tagihan HP pasca-bayar, TV kabel, beli pulsa, tiket, vocher Google dan sebagainya karena suka ada program-program cashback untuk transaksi pembelian dan yang nggak melibatkan ongkos kirim.

Nah, kebetulan di bulan Ramadhan kali ini, Tokopedia ikutan ngeluarin program Gratis Ongkir (yang saya yakin bulan depan sudah ngga ada lagi). Nah... Program Gratis Ongkir siapakah yang lebih menguntungkan pembeli? Shopee atau Tokopedia?

Kemaren saya akan membeli dua barang dari dua toko yang berbeda:
1. Microphone seharga 387 ribu
2. Monopod seharga  120 ribu

Karena pembeliannya perlu kirim barang, maka otomatis saya pakai akun Shopee ya.
Kebetulan saya juga punya poin hasil cashback-cashback dari transaksi sebelumnya sebesar Rp.48.177 (wah asyik nih, lumayan buat ngurangin harga!)
Terus, saya lihat lagi, rupanya lagi ada promo cashback up to Rp.30.000 untuk pembelian elektronik. (Wah cocok ini!)


Singkat cerita saya bisa menggunakan tiga macam promo ini (Gratis Ongkir + Bayar pakai koin + dapat koin Cashback) secara bersamaan untuk satu kali transaksi.

Transaksi satu berhasil, namun sayangnya saya tidak bisa pakai promo gratis ongkir untuk transaksi kedua karena LIMIT HARIAN.. Tumben bangeeet, perasaaan biasanya juga gratis ongkir ini sehari bisa dua kali (mungkin karena lagi bulan Ramadhan).

Tapi ga masalah deh, kan masih ada Tokopedia, kebetulan mereka lagi ada program Gratis Ongkir, dan kalau ga salah saya juga punya poin hasil cashback-cashback dari transaksi sebelumnya. Mantap, mari kita coba!


Wah mantap, ternyata di Tokopedia lagi ada program cashback juga, Ramadhan Ekstra judulnya! yuk kita coba pakai juga! 😛
Wauuuh, ternyata di Tokopedia cuman bisa pakai satu promo dalam satu kali transaksi! 😅 
Jadi saya harus milih salah satu nih, Gratis Ongkir atau Cashback? Oke saya pilih Gratis Ongkir aja deh..

Oh iya, saya masih punya saldo OVO poin (hasil cashback transaksi sebelumnya) Rp. 72.659,-, mantap saya mau pakai aja deh, lumayan buat ngurangin harga! 
Waduuhh, ternyata OVO poin tadi tidak bisa digunakan bersama dengan promo yang lain... 😭

Akhirnya saya memutuskan tidak jadi transaksi pakai Tokopedia, saya lebih memilih menunggu satu hari untuk kembali menggunakan Shopee (yaaa kalau urgent mah ngga bisa kayak gini juga yaa 😪)

Dan berikut ini adalah transaksi saya dengan Shopee pada keesokan harinya.
Pakai kombinasi dua promo, yaitu Gratis Ongkir dan dapat koin Cashback..
Sedangkan untuk bayar pakai coin cashback tidak dipakai karena emang sudah dihabiskan pada transaksi di hari sebelumnya.🙈



Kesimpulannya, saya akan tetap pakai Shopee untuk transaksi barang, sedangkan saya akan tetap pakai Tokopedia untuk transaksi tagihan, voucher, dan pembayaran!

Bagaimana dengan kamu? Tulis di kolom komentar yaaa...







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

feel free to comment! no charge needed!