Senin, 06 September 2021

Lingodeer Cara Belajar Bahasa Asing Yang Praktis dan Irit

 Halo sobat semua. Bagaimana kabarnya dalam situasi pandemic COVID 19 ini? Semoga dalam keadaan baik dan sehat selalu ya! Dalam situasi yang penuh dengan ketidakpastian ini, saya ingin bertanya kepada sobat sekalian:

1. Apakah resolusi 2021 kamu adalah nambah skill?

2. Kamu ingin belajar bahasa asing tapi minim budget, sibuk bekerja, atau di kota kalian ga ada tempat kursus Bahasa asing?

Jika Jawabannya IYA, silahkan baca tulisan saya berikut ini ya. Semoga bermanfaat buatmu :) 


Tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi saya.

Saya memang tidak ada pendidikan formal di bahasa asing selain English, tapi saya punya cita-cita paling tidak menguasai lima bahasa sepanjang usia saya (doakan ya, Amin!)

Saya mencoba membangun mimpi saya sejak lama. 10 tahun yg lalu saya mulai membeli buku-buku bahasa asing dengan tujuan otodidak. Did i failed? YES

buku kuning ini yang menjadi saksi cita-cita saya (waktu itu) tinggal mimpi belaka karena kesibukan kerja, kesibukan main, dan lain-lain. 😭


Kata orang, “Kejahatan bisa terjadi karena ada NIAT dan KESEMPATAN”. Belajar otodidak pun demikian. Niat doang tidak lah cukup. Di tulisan ini saya mau berbagi gimana cara kamu bisa punya KESEMPATAN.

Oiya, disclaimer: Mohon ijin buat kamu yang belajar formal bahasa asing ya. saya ga lagi ngajarin bahasanya, saya sendiri masih cupu kok. Saya hanya ingin menceritakan tentang KESEMPATAN.

Tulisan ini juga BUKAN mengajak orang lain tidak usah belajar formal bahasa. Saya pun tetap mendukung pendidikan formal bahasa asing yang profesional dan berbayar kok.

Oiya, disclaimer: Mohon ijin buat kamu yang belajar formal bahasa asing ya. saya ga lagi ngajarin bahasanya, saya sendiri masih cupu kok. Saya hanya ingin menceritakan tentang KESEMPATAN.

Tulisan ini juga BUKAN mengajak orang lain tidak usah belajar formal bahasa. Saya pun tetap mendukung pendidikan formal bahasa asing yang profesional dan berbayar kok.

Tulisan ini ditujukan buat kamu yang:

1. Belum berpenghasilan

2. Belum ada waktu luang

3. Belum ada tempat kursus

4. Belum tau mau belajar bahasa asing apa


KESEMPATAN belajar bisa kamu dapat dengan mendownload aplikasi bahasa di IOS/Android. Ada yang gratis ataupun berbayar. Kamu boleh icip-icip dulu lah.

Berdasarkan pengalaman pribadi; dengan punya aplikasi bahasa di HP, kita jadi bisa konsisten belajar Bahasa pada saat istirahat, saat di KRL/Busway, sebelum tidur, sambil rebahan dsb. Jadi kayak ngga harus formal atau diniatkan terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu ngga harus serius-serius amat, kapanpun ada waktu luang kita bisa belajar bahasa asing. Learning can be fun.

Aplikasi GRATIS yang menurut saya paling enak dan ngga pelit adalah .... LingoDeer. ini super recommended. Memang nanti di level intermediate harus bayar, tapi setidaknya level basic masih bisa dinikmati secara gratis. masih ingat buku kuning yang saya sebutkan di awal tadi? Nah materi dalam buku tersebut semua tercover GRATIS di aplikasi LingoDeer.



Pada aplikasi Lingodeer, pengguna dapat secara GRATIS mengakses modul 1 (Japanese 1, Chinese1, dsb); sedangkan pengguna yang sudah berbayar nantinya akan bisa mengakses modul 2 dst.



ya paling ngga kamu bisa icip-icip belajar berbagai bahasa asing. Aplikasi lain banyak yang belum ngapa-ngapain saja sudah minta pengguna untuk membayar. Inilah yang membuat LingoDeer sangat layak untuk kamu coba. Kamu bisa icip-icip terlebih dahulu, sebelum menemukan bahasa asing apa yg paling menarik buat kamu.


LingoDeer itu penyajiannya PADAT dan jelas. kamu bisa menyelesaikan 1 materi kurang dari 10 menit. terus nanti tiap berapa materi ada ujiannya. Kalau belum lulus, kamu belum bisa belajar materi selanjutnya. Seru deh pokoknya!


pada awal materi terdapat Learning Tips yang mana LingoDeer jelasin teorinya dengan SINGKAT, disertai contoh kalimatnya sehingga lebih jelas teori beserta dengan aplikasinya. Dari pengalaman pribadi saya mencoba-coba aplikasi lain, ga ada yg sesingkat dan sejelas LingoDeer.



Cara belajar LingoDeer dirancang FUN, gambarnya lucu, textnya besar-besar, kualitas audionya bagus, latian listening, latian nulis huruf, latihan menyusun kalimat, koreksi grammar semua disajikan dengan User Interface/User Experience yang kekinian.


di akhir tiap-tiap materi, ada soal cerita gitu.

Lucu conversationnya, conversation anak muda yang ngga formal gitu. Jadi kita tau bedanya ngomong formal dan casual.

Lalu nanti ada latihan speaking niruin story, lalu divote sama pengguna lain di seluruh dunia. ada rankingnya lho. Lucu deh.


Nah di sela-sela waktu yang sempit kamu bisa refreshing pakai Quiz 5 menit, atau mungkin re-memory Vocabulary atau Grammar. Berguna banget ini, biar materi yg sudah lama dipelajari tetap fresh.

Demikian tulisan tentang LingoDeer dari saya, kalau kamu ada pengalaman belajar bahasa asing pakai aplikasi yang lebih bagus, please kindly drop comment di sini yaa.. Terimakasih sudah mau membaca hingga selesai.

 

Stay Safe, Stay Healthy semuanya!













Tidak ada komentar:

Posting Komentar

feel free to comment! no charge needed!