Karena satu ide yang ditulis jauh lebih baik daripada sejuta ide di angan-angan.

Senin, 14 Februari 2011

Usaha sapi, kenapa tidak?

 
Hi, Good Mooooo-rning...

Sapi merupakan salah satu hewan ternak yang umum dan jamak dimiliki oleh masyarakat di Indonesia. Di daerah pedesaan kepemilikan sapi dianggap sebagai harta benda, alias kekayaan. Semakin banyak sapi yang dimiliki oleh seseorang, semakin dinilai kaya pula orang tersebut. Namun sekali lagi itu berlaku di desa lho…  nah bagaimana dengan di perkotaan?


Sapi Jawa (paling mudah ditemui di sekitar kita

Trus terang saya dulu juga agak ragu memilih berkecimpung di dunia sapi alias punya usaha dalam bentuk sapi. Bukan apa-apa, saya walaupun dulu besar di pinggiran kota Malang, dimana ada banyak sekali sapi-sapi tetangga disekitar, tidak melihat sense of business dari sapi-sapi tersebut. Harap maklum, di kampus saya dulu tidak pernah lho membahas potensi bisnis dari suatu peternakan. Segala studi kasus atau simulasi yang dilakukan selalu berkisar di produksi pabrik, analisa perdagangan produk-produk modern dsb... 

Sapi Bali (dikenal mudah dikembang biakkan)


Sapi qurban presiden SBY (jenis Limousin, 1.2 ton!)


Singkat kata pada suatu hari saya , seperti biasa ’mbonek , mencoba untuk mencari informasi tentang sapi dan peternakan. Dimulai dari mencari literatur tentang sapi, kemudian dengan rajin dan tidak malu-malu bertanya pada sahabat saya yang juga usaha sapi kecil-kecilan di Kalimantan, hingga ’mbonek main ke beberapa peternak sapi dan kandang sapi di seputaran Yogyakarta. Saya gali informasi sebanyak-banyaknya, saya catat, saya bertanya bila tidak mengerti, saya tanya pengalaman mereka mencari penghasilan dari hewan Ruminansia ini.

Suasana kandang sapi tradisional

Semua informasi itu, coba saya analisa dengan ilmu analisa ekonomi yg saya dapatkan di kampus dulu. Setelah diolah-olah, dihitung-hitung, dibanding-bandingkan, keluaran yang saya peroleh adalah : Usaha sapi adalah profitable dengan margin yang menarik *)
Ingat ya saya kasih tanda *) dimana syarat dan ketentuan berlaku hehehe...
Tidak perlu mengernyitkan dahi seperti itu sob! Usaha sapi sama saja kok dengan usaha-usaha yang lain, bisa untung apabila dilakukan dengan cerdas, cermat, dan ulet. :) 


Suasana peternakan sapi perah

Gimana tidak untung, lihat saja apa yang bisa kita jadikan dollar dari sapi ini... Daging, jeroan, kepala, kikil, cingur, buntut, dsb untuk dimakan dan industri; Susu untuk diminum dan diolah menjadi keju, ice cream, yoghurt, produk turunan lainnya; Kulit Sapi untuk industri olahan jaket, jok, sofa, dsb; hingga kotoran sapi (lethong) untuk industri pupuk kompos dan biogas. 


Bagan potongan daging sapi






Beef  Steak (hmm... i love its taste so much)

Keju untuk cita rasa yang lezat.. hmmm... :)


 Wait... it's not only about food... :)



Sofa pelengkap interior modern juga produk turunan sapi loh !





Tas kulit sapi pelengkap gaya hidup wanita karir


seorang pria sukses bisa dilihat dari kualitas sepatunya


Produk fashion dari kulit sapi bernilai ekonomis sangat tinggi


It's not only about  cow's leather either... :)

 


Pupuk kompos sebagai komponen penting pertanian


Biogas dari Lethong memiliki prospek bisnis yang cerah

Nah gimana sob, maknyus nggak tuh ? *wink*

2 komentar:

  1. bro, ane tertarik bisnis peternakan
    cak ipho udah brp lma?
    email ane, yo2nk_tea@hotmail.com

    BalasHapus
  2. matur suwun infonya mas bro... sukses selalu...

    BalasHapus

utk kirim komentar sertakan alamat email yah sob... keep contact... :)